5 Cara Tingkatkan Karisma

Tips, Karisma adalah suatu keterampilan yang membuat Anda menjadi orang yang lebih disukai, lebih menarik, dan lebih tulus. Orang-orang yang secara alamiah tidak karismatik dapat mempelajari keterampilan ini.

Umumnya, orang beranggapan bahwa yang dapat menjadi orang karismatik hanyalah orang ekstravert. Hal ini tidak benar. Anda hanya perlu melatih keterampilan-keterampilan tertentu hingga menjadi kebiasaan. Karisma akan meningkatkan keterampilan membangun hubungan dan rasa kepemimpinan Anda. Selain itu, Anda pun akan merasa lebih percaya diri.

Sama-sama datang dengan ide serupa, tapi mengapa ide Anda gagal mendapat apresiasi dibanding rekan Anda? Apa yang salah? Ternyata, cara kita menyampaikan gagasan memegang peranan yang lebih penting daripada isi pesan. Namun, bukan berarti isi pembicaraan menjadi tidak penting.

Berikut tips buat kamu lebih percaya diri dalam meningkatkan karismatik;

1. Berolahragalah

Dengan berolahraga, tubuh Anda akan tampak bugar. Penampilan dan rasa percaya diri Anda pun akan lebih mantap. Aktivitas olahraga juga melepaskan hormon endorfin, yang dijuluki sebagai hormon “percaya diri”. Hormon ini dapat membuat Anda bersemangat dan lebih bahagia. Manfaat jangka pendek dan panjang olahraga paling terasa kalau dilakukan 3 hingga 4 kali per minggu.

2. Berpikirlah secara optimis

Pikirkanlah semua hal baik yang terjadi dalam hidup Anda, seperti keluarga, teman, pekerjaan Anda, dan lain-lain. Katakanlah pada diri sendiri bahwa Anda punya pekerjaan yang baik, dan teman-teman Anda pun semuanya baik hati terhadap Anda. Ubahlah berbagai pikiran buruk yang muncul menjadi pikiran positif.

Misalnya, kalau menurut Anda langkah ini terlalu berat, katakanlah pada diri sendiri untuk tetap mencoba melakukan langkah ini dengan perspektif lain.

Agar lebih efektif, berpikirlah secara positif setiap hari.

3. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain hanya buang waktu dan tidak berguna. Anda tak dapat membandingkan diri Anda dengan orang lain karena Anda punya pengalaman hidup serta keterampilan Anda sendiri yang takkan dimiliki orang lain. Rasa percaya diri Anda akan hilang kalau Anda merasa inferior terhadap orang lain.

Percayalahbahwa Anda adalah pribadi unik yang tak dapat dibandingkan dengan orang lain.

4. Berpakaianlah dengan rapi

Setiap pagi, kenakanlah pakaian cocok dan rapi yang membuat Anda merasa percaya diri. Kalau penampilan luar Anda bagus, rasa percaya diri Anda pun akan meningkat. Cocokkanlah pakaian yang Anda kenakan dengan berbagai interaksi yang Anda perkirakan akan terjadi pada hari itu.

Misalnya, Anda tentunya tak perlu mengenakan jas atau gaun profesional ke acara makan siang dengan teman-teman. Sebaliknya, Anda pun akan segan mengenakan celana jins dan kaus ke rapat bisnis.

Sadarilah warna pakaian yang Anda kenakan. Warna biru menyiratkan ketenangan dan kreativitas. Warna hijau membuat Anda tampak segar.

5. Komunikatif

Menurut konsultan karier, Prillia Saraswati Putri Handini dari EXPERD Consultant, mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang berdampak bagi orang lain perlu. Pahami gaya berkomunikasi Anda, apakah tipe dominan, pasif, atau asertif.

Pahamijuga situasi yang Anda hadapi, termasuk karakter lawan bicara, sehingga Anda bisa memilih gaya komunikasi yang tepat. Ingat, meyakinkan orang lain atas ide yang kita sampaikan sangat bersifat situasional.

Denganterus berlatih, Anda dapat menemukan hal-hal yang perlu dan tidak perlu dilakukan saat berkomunikasi dalam berbagai situasi. (*)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.