Asuransi TLO pada Asuransi Mobil

Ketika Anda membeli mobil baru di dealer, sudah pasti ditawari asuransi mobil. Dan asuransi mobil ini biasanya ada dua jenis yaitu asuransi All Risk dan asuransi TLO mobil.

Kedua jenis asuransi mobil tersebut jelas berbeda. Nah, Anda harus memilih yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan supaya bisa mengeluarkan biaya yang tepat tidak berlebihan.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap seputar asuransi, termasuk asuransi TLO, bisa membaca di situs Lifepal.

Produk asuransi Lifepal ada banyak sekali karena sudah bekerjasama dengan berbagai perusahaan asuransi di Indonesia.

Apa Itu Asuransi TLO

Asuransi TLO atau Total Loss Only merupakan asuransi yang menanggung biaya perbaikan mobil dengan kerusakan total di atas 75%. Jadi jika mobil ini kerusakannya cuma sedikit, sudah pasti tidak bisa menggunakan asuransi yang satu ini.

Misalnya, rusak ban depannya saja, rusak spionnya saja, atau rusak hanya bagian-bagian tertentu saja tidak bisa klaim atau meminta asuransi TLO ke perusahaan asuransi. Pengajuan Anda pasti langsung ditolak.

Namun, jika kerusakannya sudah terlalu parah, misal ringsek sampai hancur melebihi 75% barulah bisa mengajukan klaim asuransi total loss only. Atau contoh lainnya adalah saat Anda memakirkan mobil di mall kemudian hilang juga bisa mengajukan klaim asuransi TLO.

Selain itu, asuransi mobil jenis ini lebih tepat dipilih bagi mobil bekas karena biasanya mobil seperti itu mudah sekali rusak. Asuransi ini biasanya memiliki masa perlindungan hingga 15 tahun lamanya.

Dari segi tarif, memang asuransi TLO jauh lebih murah daripada asuransi all risk. Hal ini dikarenakan adanya batasan kerusakan yang bisa diklaim, berbeda dengan asuransi mobil All Risk yang bisa mengklaim kerusakan secara menyeluruh.

Kelebihan Asuransi TLO

Asuransi TLO atau Total Loss Only memiliki banyak sekali kelebihan. Apa sajakah itu?

Biaya Premi yang Murah

Karena kerusakan yang ditanggung hanya sampai batas maksimal 75%, maka otomatis membuat biaya preminya menjadi lebih murah. Sebagaimana yang kita tahu, semakin banyak klaim yang ingin diasuransikan, maka semakin tinggi harga preminya.

Umumnya biaya premi asuransi mobil yang satu ini adalah 0,1 hingga 0,8 persen dari harga jual kendaraan. Jadi jika mobil Anda harganya Rp130 juta maka premi yang harus dibayarkan sekitar Rp1.000.040 dan mungkin harga segitu tidaklah terlalu berat.

Namun, perhitungan tersebut bisa jadi berbeda karena menyesuaikan dengan wilayah. Aturan perhitungan premi asuransi TLO telah termaktub di dalam urat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Maka dari itu, asuransi TLO juga cocok dipilih bagi Anda yang tidak memiliki banyak uang untuk memperbaiki kerusakan mobil secara menyeluruh.

Mobil Rentan Mengalami Kerusakan

Asuransi Total Loss Only layak dipilih bagi pemilik mobil bekas karena rentan mengalami kerusakan. Apalagi jika mobil tersebut usianya sudah di atas 5 tahun, sangat berpotensi menimbulkan banyak problem pada seluruh bagiannya.

Ada Proteksi Mobil Dicuri

Apabila mobil Anda dicuri, maka diasumsikan mobil tersebut mengalami kerusakan 75% meskipun belum tentu pencuri tersebut merusak mobil Anda. Namun karena posisi mobil yang hilang, maka mobil tetap memperoleh proteksi.

Untuk mengajukan klaim asuransi mobil karena pencurian, Anda harus memberikan bukti kehilangan seperti rekaman CCTV atau surat kehilangan dari kepolisian.

Tips Memilih Asuransi TLO untuk Mobil Anda

Sekarang saya ingin membagikan beberapa tips kepada Anda yang saat ini sedang mencari asuransi TLO:

Cek Kerusakannya

Sebelum memilih, alangkah lebih baik cek kerusakannya terlebih dahulu. Apakah rusaknya sudah pasti tidak kurang dari 75%? Jangan sampai saat pengajuan, justru permintaan Anda ditolak.

Pastikan Terdaftar di OJK

Dan yang tidak kalah penting adalah pastikan perusahaan asuransi tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan yang terdaftar di OJK dipastikan legal dan mendapatkan pengawasan yang sangat ketat.

Baca Polis dan Preminya

Sebelum memutuskan menggunakan asuransi TLO, silakan baca terlebih dahulu polis dan premi yang akan Anda dapatkan. Pastikan Anda memang membutuhkannya dan kondisi keuangan sangat memungkinkan.

Demikian pembahasan lengkap mengenai pengertian asuransi TLO mobil dan penjelasannya. Sekian dan semoga bermanfaat!

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.