Rekrut Anggota Baru, Rusman KMB: Menulislah Dengan Rasa

Intersisinews.com – Menulis bukanlah sesuatu yang sulit, namun untuk menjadi penulis hebat dan profesionalitas membutuhkan keuletan serta keseriusan.

Tersebut disampaikan oleh editor Poople Publisher yang juga sebagai pengurus dari Komunitas Menulis Bengkulu (KMB), Usman, pada pertemuan perdana perekrutan anggota baru angkatan 2, di sekretariat KMB Jalan Kerapu.

Menurutnya, menulis adalah tugas mutlak seorang penulis tanpa harus takut dengan apa yang ditulis, sedangkan nilai dan komposisi, dianalisis oleh pembacanya.

“Kita menulis bukan sebagai korektor. Terus saja menulis dengan percaya diri. Tugas kita adalah menulis, dan biar orang lain yang baca sebagai pengoreksi. Intinya nulis, nulis dan nulis” katanya, Minggu (10/02/19).

Menurut pengalaman Kak Usman (sapaan akrab: red), menulis sastra adalah hal mudah, kecuali menulis pada genre cerpen,”Semua bisa kita jadikan ide untuk menulis. Cerpen adalah yang paling sulit dibanding lainnya, karena di sana kita hanya menuliskan satu pokok permasalahan yang harus selesai dalam beberapa lembar saja.” tutur Usman yang diketahui juga seorang cerpenis.

Ditambahkannya, salah satu trik menulis adalah dengan membawa perasaan kedalam tulisan agar menjadi ruh dari ide kreatif tersebut, “Kita punya kemampuan masing-masing dan dianugerahi rasa yang berbeda. Jadi, dalam menulis bawalah rasa itu. Keluarkanlah keunikan masing-masing. Buat apa menulis kalo tulisan kita sama dengan orang lain.” pesannya kepada para anggota baru.

Dari beberapa anggota baru KMB yang hadir, mereka punya satu misi yang sama yaitu ingin menjadi penulis yang berkulitas dan profesional. (mb)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.