PLTD Enggano Mulai Beroperasi, Permasalahan Listrik Teratasi

Enggano-intersisinews.com, Setelah selesai tahapan pembangunan, keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD), dengan memiliki kapasitas 1 Mega Watt (MW) di Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, direncanakan Selasa, (24/10/2017) besok akan diresmikan.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengharapkan, adanya PLTD di Enggano tersebut dapat mengatasi permasalahan listrik bagi masyarakat Enggano. Pasalnya selama ini hanya ada pembangkit listrik tenaga surya atau Solar Soil, dengan penggunaan termasuk jam beroperasinya juga terbatas. Sehingga dinilai belum sepenuhnya bisa mengakomodir kebutuhan listrik bagi masyarakat setempat.

“Beroperasinya PLTD tersebut, diyakini dapat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan listik se-Kecamatan Enggano, bahkan juga bisa berlebih. Apalagi di Enggano hanya berpenduduk berkisar 3.500 hingga 4.000 jiwa,” ungkapnya, Senin, (23/10/2017).

Selain itu Rohidin juga berharap, dengan terpenuhinya kebutuhan listrik di Enggano, bisa berdampak positif, terutama dalam pengembangan industri pengolahan, seperti komoditi pisang yang sejauh ini salah satu andalan masyarakat setempat.
“Di Enggano saat ini juga sedang dilakukan lanjutan pembangunan Bandar Udara dan Pasar Desa, saya akan cek. Belum lagi diketahui, potensi destinasi wisatanya, akan mampu menggerakan ekonomi masyarakat Enggano kedepannya,” terangnya.

Pada bagian lain Plt Gubernur Rohidin juga menambahkan, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) II Sriwijaya, Mayor Jenderal TNI. AM Putranto, juga telah dijadwalkan akan hadir di Pulau Enggano.
Dimana kehadiran Pangdam, diperkirakannya dalam rangka pengamanan teritorial. Mengingat Pulau Enggano merupakan sebagai salah pulau terluar di Provinsi Bengkulu dan Indonesia. “Kepentingan TNI untuk melihat dan memastikan kondisi wilayah Enggano, terjaga dengan baik,” tutupnya.(red)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.