Peringatan Sumpah Pemuda: Kita Ciptakan Pemuda Berani Bersatu

BENGKULU–intersisinew.com, Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 yang mengusung tema Kita Ciptakan Pemuda Berani Bersatu juga dilakukan di Pemerintah Kota Bengkulu, Senin (30/10), dalam bentuk upacara di Kantor Walikota Bengkulu, Bentiring.

Dalam kesempatan itu, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Agus Izudin, ST bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang dibacakan Danlanal Bengkulu menceritakan tentang sejarah lahirnya sumpah pemuda, Ikrar yang dilaksanakan pada tahun 1928 itulah yang menjadi tonggak sejarah lahirnya Indonesia 17 tahun setelahnya.

“Pernahkah kita bayangkan bagaimana para pemuda tersebut bertemu, berdiskusi, mematangkan diri hingga mengikrarkan diri dalam kesatuan Indonesia,” papar Danlanal yang membacakan amanat Menpora.

Berani bersatu, menurutnya adalah kunci untuk menjadi Indonesia emas. Saat ini, banyak pemuda yang berselisih paham dan mudah terpecah belah.

“Bung Karno pernah menyampaikan jangan warisi abu sampah pemuda, tapi warisi api sumpah pemuda. Pesan ini sangat mendalam bagi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, usai upacara, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon yang diwawancarai wartawan berpesan kepada pemuda untuk membangun Indonesia khususnya Kota Bengkulu.

“Mari jaga kekompakan, dengan menciptakan suasana aman dan nyaman agar tercapai tujuan pemerintah,” ujarnya. (red-2)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.