Kapal Induk Pertama Jepang Pasca-Perang Dunia II

Intersisinews.com, Negara Sakura Jepang berupaya untuk memiliki kapal induk pertama sejak Perang Dunia II, untuk menampung pesawat tempur siluman buatan AS. Ini adalah rencana rencana pertahanan 10 tahun Jepang yang baru.

Dilansir dari Washington Post, 11 Desember 2018, Rancangan garis besar rencana pertahanan baru Jepang, yang disampaikan oleh pemerintah pada Selasa, mengusulkan untuk mengubah kapal pengangkut helikopter yang ada menjadi salah satu kapal induk yang dapat membawa pesawat siluman F-35 buatan AS yang mampu melakukan lepas landas pendek dan pendaratan vertikal.

Kapal yang akan diubah menjadi kapal induk Angkatan Laut Jepang adalah Izumo, kapal perang sepanjang 250 meter yang dapat membawa 14 helikopter.

Perdana Menteri Shinzo Abe menghapus program saat ini setelah lima tahun, dengan alasan perubahan cepat dalam lingkungan keamanan yang memerlukan pencegahan lebih tinggi untuk mengatasi ancaman dari Korea Utara dan Cina.

Pedoman Program Pertahanan Nasional yang baru rencananya dirilis minggu depan. Garis besar rancangan mengatakan Jepang membutuhkan lebih banyak pesawat pendaratan pendek dan vertikal (short take-off and vertical landing aircraft/STOVLS) seperti F-35B untuk meningkatkan kemampuan pertahanan udara di Pasifik. Jepang berencana membeli 99 F-35 untuk menggantikan beberapa armada F-15.

Editor: Ardian
Sumber: Tempo.co

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.