Pemprov Bengkulu Ajak Galang Donasi untuk Banjir Kalsel dan Gempa Sulbar

Bengkulu – Adanya musibah yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, mengetuk simpati banyak pihak.

Upaya tersebut dilakukan seperti melakukan penggalangan dana bantuan demi meringankan beban para terdampak bencana gempa dan banjir yang terjadi di Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengajak seluruh jajaran di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melakukan penggalangan dana untuk Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) yang rencananya akan dimulai pada hari Senin, (18/1/2021) besok.

“Atas musibah banjir dan gempa bumi, jajaran Pemprov akan membuat kotak donasi untuk dikumpulkan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kemudian jajaran UPT Pemprov yang ada di kabupaten-kota, termasuk instansi-instansi vertikal jika memungkinkan,” ajak Gubernur pada Minggu, (17/1/2021).

Rohidin berharap, Pemprov Bengkulu menjadi inisiator penggalangan. Mengingat hasil donasinya, dikumpulkan dalam satu rekening agar dapat disalurkan secara bersama-sama.

Selain itu ia pun meminta kepada Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri juga mengkoordinir seluruh Pemda Kabupaten Kota untuk ikut bersama-sama melakukan donasi.

“Akan lebih baik lagi, Pak Sekda juga mengkoordinir Pemda kabupaten-kota. Artinya diajak menjadi satu pintu yaitu melalui Pemprov Bengkulu. Jadi bantuan ini atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Provinsi Bengkulu,” tukasnya.

Berdasarkan informasi dari Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 7 Kabupaten/Kota terdampak banjir di Provinsi Kalsel berdasarkan data yang terhimpun pada 16 Januari 2021.

Sementara gempa berkekuatan magnitudo 6,2, Jumat (15/01) di provinsi Sulbar menelan 46 korban meninggal dunia dan 826 tercatat luka-luka.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.