Rezeki Yang Membawa Kepada kebaikan

Banyaknya kekayaan tidak memberikan apa-apa kepada pemiliknya kecuali keresahan dan kekhawatiran. Harta yang melimpah ternyata tak selamanya membuat bahagia, justru malah membawa kesengsaraan. Membuat pemilik harta terpuruk dan menjadi beban tersendiri.

Mengapa bisa demikian? Ternyata, besarnya harta yang dimiliki tidak diimbangi dengan besarnya ridha dan yakin kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadits disebutkan, “Malaikat Jibril membisikkan dalam kalbuku, ‘Jiwa tidak akan mati sampai rezekinya sempurna. Maka bertakwalah kepada Allah dan berbaiklah dalam mencari rezeki. Sesungguhnya tidak akan mendapat apa-apa yang ada di sisi Allah kecuali ketaatan. Sesungguhnya Allah menjadikan rasa tentram dan kesenangan dalam keridhaan dan keyakinan, serta menjadikan keresahan (kekhawatiran) dan kesedihan dalam keraguan dan kemurkaan Allah.”

Apa yang dapat kita simpulkan dan renungkan? Ternyata, tidak akan ada kebaikan dalam kekayaan jika tidak ada keberkahan di dalamnya. Kekayaan yang Allah berikan akan memberikan kebaikan, ketentraman, dan kesenangan yang hakiki apabila kita menjadikan semua kekayaan tersebut berada di jalan-Nya. Setelah kekayaan itu berada di jalan Allah, maka Allah akan turunkan keberkahan kepada pemiliknya.

Ini sesuai dengan apa yang Allah firmankan dalam al-Quran, “Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka barakah dari langit dan bumi. Tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al-A’raaf [7] : 96)

Di bagian lain, Allah juga berfirman, “Dan bahwasanya jika mereka berjalan lurus di atas jalan itu (Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak) untuk Kami berikan cobaan kepada mereka padanya. Barangsiapa yang berpaling dari peringatan Tuhannya, niscaya akan dimasukkan-Nya ke dalam adzab yang amat berat.” (QS. Al-Jin [72]: 16-17)

Rezeki yang barakah akan mendatangkan kebaikan yang berkali lipat pada pemiliknya. Maka berusahalah agar rezeki yang kita dapatkan barakah. Agar hidup kita tenang tentram. (***)

 

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.