Tahun ini, Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu Usulkan 3 Ribu Penerima PIP

 

Bengkulu – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu pada tahun ini, mengusulkan sebanyak 3.000 penerima Program Indonesia Pintar (PIP) bagi anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin yang ada dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

Saat ini sudah ada 3 ribu penerima yang akan disulkan ke pusat, sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP),” kata Plt. Kepala Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu, Eri Yulian, dalam keterangannya.

Eri menjelaskan, program ini merupakan upaya pemerinhtah untuk mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah. Selain itu juga dapat menarik siswa putus sekolah, agar kembali melanjutkan pendidikannya.

“PIP diserahkan dalam bentuk uang tunai, di transfer langsung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), setelah adanya validasi dari Dinas Dikbud,” ujarnya pada Sabtu, (29/1/2021).

Lebih lanjut Eri juga menjelaskan, sasaran KIP ditujukan kepada siswa pendidikan menengah, baik melalui jalur formal Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, serta jalur non formal, berupa paket A smpai paket C dan pendidikan khusus.

Sementara untuk diketahui, pada 2020 lalu total penerima PIP sebanyak 177.626 siswa dengan penyaluran 119.257 siswa senilai Rp 98.324.775.000, dan penyaluran sebesar Rp 64.255.875.000 atau terealisasi 67,14 persen.

Dampak pandemi Covid-19, penerimanya di Provinsi Bengkulu naik 100 persen dari siswa dan mahasiswa. Bahkan tahun ini diperkirakan akan kembali naik lagi,” pungkasnya.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.