Pemdes Sosokan Cinta Mandi Salurkan BLT-DD Secara Merata Kepada Warga Terdampak Wabah Covid-19

Kepahiang | Berdasarkan peraturan pemerintah melalui Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri dan diperkuat Kementerian Desa. Pemerintahan Desa (Pemdes) di seluruh Indonesia, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Seperti yang dilakukan Pemdes Sosokan Cinta Mandi Kecamatan Bermain Ilir, Kabupaten Kepahiang. Kamis 4/6/2020.

Setelah dilakukan melalui verifikasi data calon penerima melalui Musyawarah Desa (Musdes). Warga penerima BLT-DD, Datanya tidak masuk ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Terpadu (DTKS) Kementerian Sosail Republik Indonesia.

Kepala Desa Sosokan Cinta Mandi, Eko Sudarman Hadi menjelaskan setelah melakukan verifikasi data melalui Musdes, pihaknya menyalurkan BLT-DD kepada 150 Kepala Keluarga (KK).

”Setelah melakukan verifikasi data mereka menerima bantuan sebesar Rp. 1.200.000 terhitung untuk dua bulan sumber anggarannya dari DD tahap pertama 2020,” ujar Kades.

Bantuan tersebut disalurkan secara merata per KK dalam satu rumah, sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah, dan bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang tidak menerima bantuan dari pemerintah seperti PKH, BPNT, dan BST.

“Jadi setiap Kepala Keluarga yang belum mendapatkan bantuan dari PKH, BPNT, dan BST kita berikan bantuan melalui BLT-DD ini”  jelas Eko

Kades pun berharap BLT-DD ini dapat membantu perekonomian masyarakat terutama dalam kebutuhan sehari-hari. Dan masyarakat dapat lebih bijak dalam membelanjakan uang tersebut.

“Kita juga telah mengimbau kepada penerima agar mempergunakan bantuan sebaik mungkin. Utamakan kebutuhan pokok, jangan membeli hal yang tak terlalu penting dulu di masa pandemi ini,” harapnya.

“Seperti kita ketahui bersama bentuk apapun bantuan saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, semoga bantuan yang tersalurkan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh penerima” pungkas Kades

Terpantau dengan awak media yang turut hadir dalam penyaluran BLT-DD Kapolsek bermain ilir Babinkamtibmas, Babinsa, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Tenaga Ahli (TA), BPD dan segenap Perangkat Desa  Sodokan Cinto Mandi serta masyarakat penerima BLT-DD. (somi)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.