Kemendagri Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa di Provinsi Bengkulu

Bengkulu – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Angkatan III di Provinsi Bengkulu, Selasa (03/10/2023).

Acara pembukaan diawali dengan sambutan dan secara resmi dibuka serentak di 33 Provinsi oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Dr. Eko Prasetyanto Purnomo Putro, S.Si., M.Si., MA., yang terpusat di Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Eko Prasetyanto menegaskan bahwa pelaksanaan Pelatihan membutuhkan dukungan dan sinergitas dari seluruh sektor terutama Pemerintah Pusat, Daerah dan Desa, agar sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

“Kita perlu bersyukur karena dari target  sekitar 133.000 peserta Pelatihan saat ini sudah mencapai 21.000 peserta yang telah dilatih, artinya proses yang berjalan ini terus menerus mari kita support. Sinergisitas antara Pemerintah Pusat, Pemda, sampai ke tingkat Desa mari terus kita lakukan,”kata Eko.

Disamping itu, Eko Praetyanto juga menekankan bahwa peserta harus tetap melakukan pengembangan diri secara berkelanjutan tidak hanya pada saat Pelatihan ini, tetapi secara terus menerus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar dan kontekstual sesuai kebutuhan Desa.

“Pelatihan ini tidak hanya sebatas empat hari untuk setiap Angkatan, tapi perlu proses yang panjang dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar yang telah diberikan dalam Pelatihan. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran secara terus-menerus oleh peserta dengan menyesuaikan kondisi yang ada di masing-masing Desa bapak dan ibu,” sambungnya.

Pada acara pembukaan pelatihan tersebut, turut hadir Dr. Chaerul Dwi Sapta, SH., M.AP. selalu Direktur Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan dan Adat Desa, PKK, dan Posyandu, yang juga menyampaikan laporan pelaksanaan Pelatihan, serta Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, Dr. Paudah, M.Si.

Dalam laporannya, Chaerul menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepada Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa dalam rangkat meningkatkan kualitas belanja Desa dan Penguatan Kelembagaan di Desa.

“Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepada Aparatur Pemerintah Desa, yaitu Kepala Desa, Perangkat Desa, serta Pengurus Kelembagaan Desa, yaitu BPD, LKD, Lembaga Adat Desa, yang sejalan dengan tujuan program P3PD, untuk memperkuat Kapasitas Kelembagaan Desa dalam tata Kelola penyelenggaraan Pemerintahan Desa terutama untuk meningkatkan kualitas belanja Desa Dan penguatan Kelembagaan di Desa,” pungkas Chaerul.

Khusus Provinsi Bengkulu, jumlah Peserta yang telah mengikuti Pelatihan sampai dengan Angkatan II yaitu sebanyak 437 peserta yang terdiri dari 119 Desa, keseluruhan peserta mengikuti Pelatihan Aparatur Desa (PAD) Dasar.

Adapun target peserta pada Angkatan III yang telah berlangsung di Kota Bengkulu dari tanggal 2 s.d. 5 Oktober 2023  yaitu 392 peserta yang terdiri dari 98 Desa, dengan 4  jenis Pelatihan berbeda yaitu Pelatihan Aparatur Desa Penetapan dan Penegasan Batas Desa (PPBDes), PAD Dasar, Pelatihan Penguatan BP

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.