Resep Ayam Geprek Sambal Korek yang Mengunggah Selera

Intersisinews.com – Hidangan makanan yang terbuat dari daging ayam merupakan salah satu hidangan makanan yang banyak digemari. Mulai dari hidangan ayam kecap, ayam semur, ayam ungkep sampai ayam goreng. Sekarang ini ayam goreng dihidangkan dalam sajian ayam geprek yang menjadi kegemaran para penikmat cita rasa pedas. Rasa pedas dari sambal dikombinasikan dengan ayam goreng begitu menggugah selera.

Ayam geprek pada umumnya dihidangkan dengan beraneka sambal dan aspek pendukung lainnya seperti mentimun, tempe goreng dan juga kol. Tidak hanya cita rasanya nikmat saja, proses pengolahan ayam geprek dapat dikatakan mudah. Anda Cuma harus memberikan bumbu pada ayam, kemudian baluri dengan menggunakan tepung, lalu goreng dan juga geprek dengan tambahan sambal. Untuk itu, berikut ini adalah resep ayam geprek sambal korek yang dapat menggugah selera anda pada saat makan siang.

Ayam geprek crispy sambal korek

  1. Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat Ayam geprek crispy sambal korek:

– ayam sejumlah 1 kg

– Telur ayam sejumlah 1 butir

– terigu cakra sejumlah 500 gram

– terigu segitiga sejumlah 250 gram

– maizena sejumlah 5 sdm

– bawang putih sejumlah 6 siung

– jeruk nipis secukupnya

– baking powder sejumlah 1 sdt

– lada bubuk sejumlah 1/4 sdt

– penyedap jamur sejumlah 1/2 sdt

– garam sejumlah 1 sdt

– saos tiram sejumlah 1 sdm

– gula pasir sejumlah 1/2 sdt

– air es secukupnya

  1. Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat sambal korek:

– cabe rawit sebanyak 20 butir

– cabe merah sebanyak 10 butir

– bawang putih sebanyak 2 siung

– minyak sayur secukupnya

– garam secukupnya

– gula secukupnya

– penyedap rasa secukupnya

  1. Cara untuk membuat Ayam geprek crispy sambal korek:

Untuk tahap pertama baluri terlebih dahulu potongan ayam dengan menggunakan peraan air jeruk nipis dan juga garam.

Kemudian baluri potongan ayam dengan menggunakan setengah bagian bawang putih yang sebelumnya sudah dicincang secara halus, dengan saos tiram, lada bubuk, gula pasir, garam, dan juga penyedap jamur. Kemudian simpan selama saru malam pada lemari pendingan agar bumbu meresap ke dalam daging ayam dan menjadi empuk.

Bahan tepung pencelup: aduk terigu, telur dan juga air es hingga adonan memiliki tekstur kental jangan samapi encer, tambahkan garam secukupnya kemudian aduk hingga tercampur secara merata.

Bahan tepung kering: campurkan maizena, terigu cakra, lada bubuk, bawang putih cincang, garam, baking powder, dan juga penyedap jamur aduk hingga tercampur secara merata.

Siapkan ayam yang sebelumnya telah dibumbui dan juga disimpan dalam lemari pendingin kemudian letakan pada adonan kering hingga merata semua permukaan ayam tertutup dengan mengunakan bahan tepung kering.

Sesudah seluruh permukaan ayam rata letakan padadalam adonan tepung basah hingga merata, kemudian letakan kembali pada adonan tepung kering, kemudian goreng dengan menggunakan minyak panas sampai ayam terendam seutuhnya.

Goreng dengan menggunakan api berukuran kecil kurang lebih 15 menit hingga berubah warna menjadi golden brown dan bunyi yang berisiknya hilang.

Untuk mengoleh sambal korek, haluskan semua bahan sambal namun jangan sampai terlalu halus, sisihkan.

Siapkan minyak goreng panas yang sebelumnya dipakai untuk menggoreng ayam. Sesudah minyak goreng panas siramkan pada sambal yang sebelumnya sudah di haluskan sembari terus di aduk hingga merata

Siapkan ayam di atas sebuah piring, penyet  ayam dengan menggunakan ulekan kayu hingga remuk kemudian siram pada bagian atas sambal korek. Ayam goreng geprek crispy siap disajikan

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.