DPRD Kota Bengkulu Gelar Paripurna Dengan Agenda Tandatangani Nota Kesepakatan APBD-P 2022

Intersisinews.com – DPRD Kota Bengkulu gelar rapat paripurna dengan agenda Nota kesepakatan APBD Perubahan (APBD-P) tahun 2022 baru ditandatangani dalam rapat paripurna di DPRD Kota Bengkulu, Senin (5/9/2022).

Hadir langsung Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mewakili Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan saat rapat paripurna penandatanganan nota kesepakatan APBD-P tahun 2022.

Dikatakan Ketua DPRD Kota Bengkulu, Supriyanto, sama seperti sebelumnya untuk  APBD-P tahun 2022 masih berfokus pada penanganan infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan.

“Ada 6 hal yang menjadi fokus pada APBD perubahan ini. Kita terus sinergis dengan  pemkot untuk jalankan kegiatan tahun ini,” kata Supriyanto.

Adapun yang menjadi skala prioritas tahun 2022 di Kota Bengkulu pembangunan sebagaimana RPJMD 2019-2023 dan RKPD Perubahan tahun 2022.

Meliputi; peningkatan infrastruktur kawasan perkotaan, Kedua reformasi birokrasi dan inovasi daerah, Ketiga peningkatan ekonomi kreatif melalui kemudahan investasi, industri, pariwisata dan penataan pasar.

Keempat, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dalam penanggulangan pandemi. Kelima, penanggulangan kemiskinan. Dan keenam, peningkatan kualitas pendidikan.

Menurut Supriyanto, meskipun ada beberapa kegiatan yang masih jalan di tempat namun dengan komitmen bersama Pemkot Bengkulu, maka didorong hingga selesai sesuai dengan target pada pengerjaan di awal tahun.

“Khususnya jalan lingkungan, itu tetap jadi prioritas,” ujar Supriyanto.

Senada dengan itu, Wakil Walikota Dedy Wahyudi mengatakan Kebijakan Umum APBD, Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan tahun Anggaran 2022, disusun karena terjadinya asumsi dasar kebijakan pendapatan daerah dan adanya kebijakan belanja daerah.

“Kita fokus pembangunan infrastruktur pembangunan perkotaan. Termasuk penanganan banjir. Dan memperbaiki bidang jalan pemukiman sesuai dengan RPJMD yang sudah ditetapkan,” kata Dedy.

Hal ini, lanjutnya, juga meliputi target pendapatan dan belanja sesuai dengan evaluasi pelaksanaan anggaran pembangunan pada semester pertama 2022. Sehingga di akhir 2022, Pemkot Bengkulu memperoleh hasil yang maksimal dengan mempertimbangkan waktu dalam melanjutkan pembangunan.

“Untuk pendapatan daerah, secara keseluruhan meningkat,” jelas Dedy.

Ia menyampaikan dari pendapatan yang direncanakan pada APBD Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp 1.195.798.859.539 meningkat menjadi RP 1.217.751.616.539. Kenaikan pendapatan tersebut berasal dari kenaikan pendapatan asli daerah dan pendapatan transfer .

“APBD 2022 salah satu sumber pendanaan kita dalam mendukung belanja pembangunan di kota Bengkulu adalah melalui pajak daerah dan retribusi daerah,” ujar Dedy. (Adv)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.