“Percepatan Pembangunan IKN Nusantara Wujudkan Kota Cerdas Berkelanjutan”

Interisinews.com, Jakarta – Pemindahan Ibu Kota Negara ke Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mengubah paradigma pembangunan yang selama ini hanya jawa sentris menjadi indonesiasentris guna pemerataan pembangunan di Indonesia.

Yahya Afrianto /Ketua Generasi Lestari Lingkungan (GLL) Sulawesi Tengah mengungkapkan, dalam percepatan pembangunan IKN Nusantara, pemerintah mengimplementasikan konsep berkelanjutan guna mewujudkan pelestarian alam serta lingkungan agar tetap seimbang. Pembangunan IKN memadukan konsep forest city dan smart city menjadi prinsip dasar dalam pembangunan IKN sehingga diharapkan IKN menjadi kota cerdas yang berkelanjutan.

“Sejalan untuk wujudkan kota cerdas yang berkelanjutan pertama di Indonesia. Pembangunan IKN juga menerapkan percepatan digitalisasi di berbagai aspek, seperti pendidikan, transportasi,  dan pusat kesehatan, untuk mencapai target net zero emission di tahun 2045 mendatang”, ujarnya saat testimoni di Jakarta, Senin (19/02/2024).

Tidak hanya itu, lanjutnya, kelestarian lingkungan juga menjadi tujuan utama dalam pembangunan IKN dengan menciptakan kota cerdas berkonsep work, living, and learning tentunya akan menghasilkan  kualitas hidup yang baik.

Peran IKN sebagai kota cerdas yang sejalan dengan konsep kota modern yang berkelanjutan, hijau, dan memperhatikan perubahan iklim dengan keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karenanya, mari kita dukung percepatan pembangunan IKN Nusantara ini mampu mendorong pertumbuhan, membuka potensi ekonomi Indonesia secara keseluruhan, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi kemiskinan untuk menuju Indonesia Maju tahun 2045”, pungkasnya menandaskan. (adr)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.