Tipu Modus Mutasi Kendaraan, Warga Jakarta Ditangkap Polres Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan, Intersisinews.com – Satuan Reskrim Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Iptu Susilo dan Team Totaici melakukan penangkapan pelaku penipuan pada Jumat 3 Februari 2023 sekira pukul 15.00 WIB.

Tersangka inisial A.F.M (36) warga Jl. Multi Karya III Rt. 11 RW. 8 Kelurahan Utan Kayu Utara Kecamatan Matraman Jakarta Timur, ditangkap di Jalan Duayu Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pelaku penipuan tersebut ditangkap atas laporan korban Bonan (39), warga Jl. A. Yani No 21, Kelurahan Tanjung Mulian, Kecamatan Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kejadian terjadi saat Pelapor menghubungi Pelaku melalui Whatsapp untuk datang kerumah pelapor membahas masalah mutasi kendaraan roda empat. Setibanya dirumah pelapor, kemudian menanyakan kepada tersangka “apakah ada kenalan yang bisa mungurus mutasi kendaraan roda empat di Jakarta,”, lalu tersangka menawarkan diri untuk mengurus mutasi roda empat  di Samsat Jakarta.

Tersangka menyuruh Pelapor untuk melengkapi berkas mutasi Roda empat dan pada Jumat 8 juli 2022 sekira pukul 19.30 WIB pelaku mengambil berkas yang sudah disiapkan oleh pelapor di rumah tersangka.

Pada tanggal 13 juli 2022 tersangka  meminta agar Pelapor mentransfer uang sejumlah Rp. 5.000.000, lalu pada tanggal 15 Juli 2022 tersangka meminta kembali agar pelapor mentransfer uang sejumlah Rp. 845.500, lalu Pelapor mentransferkan uang sejumlah Rp. 900.000 kepada tersangka, dengan janji 40 hari berkas mutasi roda empat akan selesai. Setelah 2 bulan setengah dari perjanjian tanggal 13 Juli 2022 berkas kemudian dikembalikan kepada pelapor, setelah pelapor serahkan ke Samsat Bengkulu pihak Samsat Bengkulu memberitahukan kepada Pelapor bahwa berkas belum lengkap dan belum dibayarkan.

Setelah itu tersangka tidak bisa dihubungi pelapor dan perkaranya dilaporkan ke Polres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu guna penyelidikan lebih lanjut.

Menerima laporan tersebut, Team Totaichi melakukan penyelidikan dan pada Jumat tanggal  3 Februari 2023 sekira pukul 15.00 WIB, Team Totaici dipimpin Kasat Reskrim Polres BS mendapatkan informasi bahwa pelaku sedang berada di Jalan Duayu Kel pasar bawah Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, kemudian Team Totaici  melakukan penangkapan terhadap pelaku tanpa ada perlawanan dan membawa pelaku ke Polres Bengkulu Selatan guna proses penyelidikan perkaranya lebih lanjut.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.