Dinas Kominfotik Benteng Kunjungan Kerja Ke Kantor Arsip Nasional RI Membahas Aplikasi Srikandi

JAKARTA – Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemda Kabupaten Bengkulu Tengah bersama Dinas Kominfotik melakukan Kunjungan langsung ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka pembahasan terkait Implementasi Aplikasi Srikandi.

Kunjungan kerja ini berlangsung di Ruang Pertemuan Arsip Nasional Republik Indonesia Kamis (27/03).

Koordinator Kelompok Substansi Kearsipan Daerah II Dra. Prihatni Wuryatmini, M.Hum menjelaskan Implementasi Aplikasi Srikandi adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Dalam meningkatkan keterpaduan dan efisiensi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sehingga diperlukan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional.

“Aplikasi Srikandi ini merupakan Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis sesuai amanat percepatan dalam Perpres No 95 Th 2018 tentang SPBE. Penerapan e-Arsip Terintegrasi” (aplikasi Srikandi) di Instansi Pemerintah sebagai Output Prioritas Nasional dalam RPJMN 2020-2024,”Jelasnya.

Aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi merupakan hasil kolaborasi antara Kemanpan-RB, Kemenkominfo, BSSN dan ANRI yang bertujuan government to government (G2G), sehingga dapat dimanfaatkan oleh instansi pusat maupun daerah.

“Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi umum, maka dari itu tidak ada lagi kementerian/lembaga/instansi pemerintah yang membangun aplikasi kersipan sendiri karena proses bisnis, standar data dan keamanan datanya sudah terstandar dan terintegrasi”, imbuhnya

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE menjadi suatu keharusan bagi Pemerintah Daerah untuk segera diterapkan karena perkembangan arus informasi dan komunikasi sangat cepat. Peraturan tersebut ditindaklanjuti dengan adanya Keputusan Menpan RB Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Sementara Peran Dinas Kominfotik sendiri terkait implementasi Srikandi sangat dibutuhkan kolaborasi yang baik antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkulu Tengah. Sama seperti di Pemerintah Pusat, Dinas Kominfotik diharapkan untuk menyediakan infrastruktur TIK dalam menunjang kelancaran implementasi Srikandi tersebut.

Kita berharap ANRI selaku pembina kearsipan nasional Aplikasi Srikandi dapat segera diimplementasikan di Kabupaten Bengkulu Tengah melalui kolaborasi antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Dinas Kominfotik,”Tutupnya.

( kominfo Benteng )

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.