Mengenal Rumah Adat Bengkulu ‘Bubungan Lima’

Intersisinews.com – 33 Provinsi membuat Indonesia kaya akan keberagaman budaya dan adat istiadat. Salah satu kekayaan intektual yang mengacu pada endemik suatu wilayah yakni didasari oleh rumah adat. Pun demikian, rumah adat mempunyai ciri khas dan bermacam variasinya dari daerah satu dengan yang lainnya.

Bubungan Lima merupakan rumah adat Bengkulu. Tahukah anda, bahwa rumah adat Bengkulu tersebut diperkirakan sudah ada pada tahun 1916-an.

Rumah adat resmi Provinsi Bengkulu ini memiliki bentuk yang sangat unik, karena seperti namanya Bubungan Lima yang bentuk atapnya memiliki bentuk atap yang sama seperti Bubungan Lima, Bubungan Haji dan Bubungan Jembatan.

Rumah Adat Bengkulu ‘Rumah Bubungan Lima’

Rumah adat Bengkulu tersebut termasuk ke dalam rumah tradisional panggung. Biasanya dibuat dari bahan kayu medang kemuning atau surian balam, di  mana kayu tersebut memiliki karakter yang halus dan tahan lama.

Pada umumnya rumah adat tersebut memiliki 15 tiang yang tinggginya mencapai 1,8 meter dan beralas batu. Memiliki atap dari ijuk yang berbentuk limas dengan tinggi 3,5 meter. Memiliki lantai kayu dan tangga, anak tangga berjumlah ganjil karena sesuai dengan adat yang ada di Bengkulu.  Rumah terdiri dari beberapa bagian yaitu barendo sebagai tempat untuk menerima tamu yang sedang menyampaikan pesan, hall untuk menerima tamu dari kerabat dekat.

Bilik gedang merupakan kamar tidur untuk keluarga, bilik gadis adalah tempat yang  di gunakan anak gadis untuk tidur dan bersolek, ruang tengah biasanya digunakan untuk menerima tamu bagi ibu rumah tangga atau keluarga dekat si gadis dan terkadang untuk mengaji, ruang makan, garang yang merupakan tempat penyimpanan tempayan air, dapur, barendo belakang yang digunakan sebagai tempat bersantai kaum wanita untuk menghilangkan rasa lelahnya setelah menjalankan tugas.

Ada yang mengatakan bahwa rumah adat Bengkulu Bubungan Lima bukan merupakan jenis rumah yang bisa ditempati oleh masyarakat umum. Karena rumah Bubungan Lima memiliki fungsi yang sangat khusus sebagai penyambutan tamu, kelahiran, perkawinan atau kematian yang merupakan acara yang sangat penting di daerah Bengkulu tersebut.

Rumah adat Bengkulu tersebut sangatlah unik dan memiliki nilai yang tinggi dari adat di Bengkulu. (*)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.