Sumardi Usulkan Teks Pancasila Dibaca Setiap Kali Rapat Paripurna

Bengkulu – Melalui peringatan lahirnya Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, Ketua Komisi 3 DPRD Provinsi Bengkulu, Sumardi mengusulkan setiap awal pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Anggota DPRD Provinsi Bengkulu.

Untuk pembacaan teks Pancasila itu, bisa dilakukan secara bergantian dari masing-masing komisi atau fraksi.Setelah pembacaan teks Pancasila, kemudian dilanjutkan dengan lagu kebangasaan Indonesia Raya.

“Dengan itu, Pancasila selalu dapat di hafal oleh masing-masing anggota DPRD Provinsi Bengkulu. Begitu juga dengan lagu Indonesia Raya,” kata Sumardi dalam keterangannya.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi ini menyebutkan, alasan pembacaan teks Pancasila di awal setiap kali rapat paripurna, karena sila-sila Pancasila masih ada saja penyelenggara negara yang disinyalir lupa. Apalagi butir-butir tiap sila untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih hal itu bisa saja menjadi salah satu unsur yang menyebabkan adanya intolerasni dalam sebagian kecil atau kelompok masyarakat tertentu.

“Jika boleh di uji, kemungkinan saja para anggota dewan kita sudah tidak hafal Pancasila dan lagu kebangsaan. Mudah-mudahan saja tidak,” ujar Sumardi pada Minggu, (30/5/2021).

Anggota DPRD Provinsi dari daerah pemilihan (dapil) Kota Bengkulu ini menambahkan, alasan lainnya karena sekarang ini sangat jarang mendapatkan penataran 4 pilar kebangsaan. Bahkan jika ada hanya segelintir yang mengikutinya.

Padahal dengan penataran 4 pilar kebangsaan itu diakui, dapat memperdalam rasa berbangsa satu bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia. Begitu juga rasa ke-Indonesiaan yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan daerah-daerah hingga pelosok tanah air.

“Mari kita merenung sejenak merenung rasa kebangsaan Indonesia untuk terus ditumbuh-kembangkan lagi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan itu bangsa dan masyarakatnya diyakini semakin kuat,” tukas Gubernur.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.