Plt Gubernur : Dana Desa Harus dikelola dengan Benar dan Jelas

Intersisinews.com : Pada tahun ini, Provinsi Bengkulu mendapatkan Dana Desa (DD) sebesar Rp. 1,31 triliun, dengan rata-rata per-desa mendapatkan alokasi dana sekitar Rp. 720 juta per desa.
Dengan DD yang nilainya cukup besar itu, harus dikelola dengan benar, dan akuntabilitasnya juga harus jelas.
Pernyataan itu diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, seusai Workshop Peningkatan Kapabilitas Alumni dan Mahasiswa Penerima Beasiswa S2 STAR BPKP dalam Implementasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES), di Universitas Bengkulu.
Menurutnya, sistem pengelolaan keuangan desa jika di implementasikan secara efektif dan efisien, akan mampu memajukan serta mensejahterakan desa.
“Jika ini berjalan, sebanyak 1.431 desa yang ada di Bengkulu ini, diyakini akan bergerak maju,” ujarnya, Selasa, (17/10/2017).
Selain itu Ia meminta, para alumni dan mahasiswa beasiswa STAR BPKP yang tugasnya memberdayakan aparat pengawasan internal pemerintah dan pengelola keuangan negara, agar memperhatikan prinsip efektifitas dan efisiensi pengelolaan dana desa.
Pasalnya keinginan pemerintah itu, bukan kepada keuntungan, tetapi harus berorientasi kepada manfaat.
“Tolong benar diperhatikan ketika nanti mendampingi desa, efektifitas dulu baru lihat efisiensinya. Sehingga bisa meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa yang akuntabel diwilayah Provinsi Bengkulu nantinya,” pungkasnya.(red-3)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.