Dinkes Prov Bengkulu Targetkan Pengujian 100 Sampel Swab Perhari

Bengkulu – Dengan Bengkulu memiliki alat tes PCR mandiri, ditargetkan sebanyak 100 sampel masyarakat yang diduga terpapar corona virus disease (Covid 19) di Provinsi Bengkulu, bisa dilakukan diuji oleh laboratorium setiap harinya.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, dalam keterangannya.

“Dari dua alat yang sudah kita dimiliki, kapasitas uji cukup banyak dan telah dihitung kapasitasnya mencapai 100 sampel,” ujar Herwan pada Minggu, (17/5/2020).

Dikatakan Herwan, dengan adanya alat uji sendiri ini, tim akan lebih aktif lagi melakukan pengambilan spesimen. Mengingat saat ini dari spesimen yang di ambil setiap hari antara 25 sampai 50 sampel, dinilai sangat cukup untuk melakukan pemeriksaan nantinya.

“Pola kita akan aktif lagi pengambilan spesimen kepada masyarakat, karena dukungan lainnya seperti catridge dan reagen juga sudah dikirimkan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) masing-masing sebanyak 4.800. Belum lagi adanya tenaga ahli dan petugas yang akan melakukan pengujian sudah direkrut, cukup memadai,” jelasnya.

Kendati demikian ditambahkan, dengan adanya alat uji sendiri yang dipusatkan di laboratorium RSUD M Yunus Bengkulu, dan tidak mesti lagi mengirimkan sampel ke Palembang, Padang maupun Jakarta, pihaknya akan lebih cepat mengetahui masyarakat yang diduga terpapar Covid 19, dan mengambil langkah lanjutannya terhadap pasien bersangkutan.

“Kita akan dorong tim gugus kabupaten/kota siapkan rapid test dalam jumlah banyak, agar bisa lakukan tes secara massal di tempat masyarakat berkumpul/fasilitas publik. Dan kita ada ditemukan reaktif bisa langsung dilakukan Swab dan hasilnya akan lebih cepat diketahui terpapar atau tidaknya Covid 19,” pungkas Herwan.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.