Perluas Jaringan RPK, Pemprov Bersama Bulog Bengkulu Sasar BUMDes

Bengkulu – Memperluas jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) dan Toko Pangan Kita (TPK), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bekerja sama dengan Perum Bulog Divisi Regional Bengkulu akan menyasar sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada dalam wilayah Provinsi Bengkulu.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri mengatakan, program RPK dan TPK yang dilaksanakan Bulog sangat baik sekali, selain tugas dan fungsinya menjaga stabilitas, keterjangkauan pangan dan ketersediaan pangan untuk masyarakat.

“Program ini sangat bermanfaat karena RPK ini dibentuk untuk men-support warung-warung yang ada. Jadi sudah sebanyak 2.025 warung yang tersebar bekerja sama dengan pihak Bulog. Apalagi sekarang akan dikembangkan dan akan dikerjasamakan dengan BUMDes. Tapi dalam pelaksanaannya tetap melihat kriteria BUMDes mana yang bisa di kerjasamakan,” jelasnya usai rapat koordinasi perluasan jaringan RPK dan TPK pada Kamis, (6/5/2021).

Hamka menyampaikan, melihat kriteria dimaksud, karena meski harganya terjangkau dan murah, tetapi perlu biaya operasional, transportasi untuk angkutan menjadi tanggung jawab pihak Bulog, namun harus sesuai dengan permintaan Bumdes.

Sementara itu, Kepala Divre Bulog Bengkulu Roy Rahmadi Prawira menyebutkan, program RPK dan TPK yang akan dijajaki dengan Bumdes yang berjumlah 1.100 tersebut, akan menjual komoditi- komoditi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Hanya saja untuk tahap awal diakui, pihaknya akan membuat semacam pilot project yang nanti akan dipilih oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Provinsi Bengkulu, khususnya Bumdes-Bumdes yang kategori maju, sehingga manajemennya sudah siap untuk melakukan kerja sama.

“Diharapkan sebelum lebaran ada keputusan dari Dinas PMD, sehingga setelah lebaran kita bisa segera melaksanakan implementasinya di lapangan,” demikian Roy.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.