DPRD : Terungkap Penderita Tb di Bengkulu Masih Tinggi

Intersisinews.com, Dari hearing Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, dengan Organisasi Aisyiyah, MUI dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, terungkap Penderita Tuberkulosis (Tb) yang merupakan salah satu penyakit menular di Provinsi Bengkulu, masih cukup tinggi.

Dengan demikian, Dinkes Provinsi agar berperan aktif untuk menekan angka penyakit Tb.

“Kita tetap mengapresiasi atas program pendampingan yang dilakukan Dinkes bekerjasama dengan organisasi Aisyiyah, guna menekan angka penderita Tb,” ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Hj. Sefty Yuslinah, di DPRD Provinsi Bengkulu.

Banyaknya terungkap masyarakat menderita penyakit Tb, yang belum terindentifikasi tersebut, diakuinya, pihak Dinkes agar dapat berperan lebih aktif lagi. Mengingat sisa penderita Tb yang belum terdata, dicontohkan terungkap 900 orang, namun sekitar 300 orang sudah menjalankan pengobatan.
Sementara diketahui, 1 penderita Tb bisa menularkan penyakit serupa terhadap banyak orang.

“Kita ketahui pemerintah telah mencanangkan pengobatan gratis bagi penderita Tb. Tahun ini saja dialokasikan anggaran sekitar Rp 300 juta untuk mencegah Tb,” katanya, Selasa, (24/10/2017).

Lebih jauh ditambahkannya, guna meminimalisir serangan Tb di tengah-tengah masyarakat, harus diciptakan kerjasama yang baik antara Dinkes, organisasi yang peduli seperti Aisyiyah dan masyarakat setempat.

“Dari penjelasan Aisyiyah, ada gerakan nasional ketuk pintu Tb, ya tidak masalah itu terus dilanjutkan. Sehingga apa yang harapkan bisa tercapai maksimal,” pungkasnya.(red)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.