“Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila untuk Mencegah Penyebaran Paham Radikalisme di Kalangan Generasi Muda“

Jakarta – Jumat, Tanggal 26 Agustus 2022, di Jakarta, telah dilaksanakan kegiatan Testimoni dengan tema “Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila untuk Mencegah Penyebaran Paham Radikalisme di Kalangan Generasi Muda”. Bertindak selaku narasumber H. M. Mashuri (Ketua PCNU Solo), berisi antara lain :

Sampai saat ini masalah paham radikalisme masih mengkhawatirkan  menyasar berbagai pihak dan masih menjadi sebuah ancaman yang perlu di antisipasi bersama. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena bisa saja orang terdekat kita, orang tua, anak, kakak, adik, dapat terpapar paham radikalisme tersebut.

Radikalisme yang berujung pada tindakan terorisme sudah terbukti telah menghancurkan banyak negara. Di Indonesia  terdapat beberapa daerah yang sudah masuk dalam zona merah penyebaran radikalisme.

Penyebaran lebih sering dilakukan melalui pidato, kuliah dan segala macam kegiatan yang melibatkan banyak orang. Sasarannya dari kelompok radikal bukan lagi hanya sebatas kalangan umum, namun sudah menyasar pada mahasiswa dan pemuda yang masih rentan dalam mencari jati diri.

Untuk itu, pemerintah berupaya memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat tentang seberapa bahayanya paham radikalisme dapat memecah belah NKRI. Upaya yang dilakukan pemerintah dengan melaksanakan program bela negara ataupun memperkuat nilai-nilai Pancasila kepada warga negara Indonesia, khususnya  generasi muda agar tidak dapat terpengaruh dengan ajakan kelompok radikal yang dapat memecah belah keutuhan NKRI.

Namun demikian pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Perlu adanya sinergitas dari semua pihak untuk dapat mewujudkan Indonesia yang terbebas dari paham radikalisme. Oleh karenanya, pemerintah berupaya melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, ormas dan seluruh pihak yang  vokal untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya dari paham radikalisme tersebut.

Tanpa dukungan dari berbagai pihak maka program pencegahan penyebaran paham radikalisme di Indonesia tidak akan pernah selesai. Mari bersama-sama mendukung program pencegahan penyebaran paham radikalisme untuk dapat mewujudkan Indonesia bebas dari radikalisme, terutama bagi generasi berikutnya.(adr)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.