Komunitas BHS Bengkulu Cat Ulang Tugu Thomar Parr

Kota Bengkulu-Intersisinews.com, Komunitas Bengkulu Heritage Society (BHS) Bengkulu, Rabu, (25/10/2017) melakukan pengecetan ulang untuk pengembalian warna asli aset sejarah, Tugu Thomas Parr Kota Bengkulu.

Pengurus BHS Bengkulu Krisna Gamawan mengaku, langkah pengembalian warna asli salah satu aset sejarah Bengkulu ini, berawal dari kekegetannya melihat kubahnya berwarna biru.

Sehingga pihaknya mempertanyakan kepada pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi, ternyata memang tidak sesuai dengan rekomendasi yang diberikan sebelumnya kepada istansi melakukan pengecetan. Dimana kubah semestinya berwarna putih.

“Awalnya kita tunggu dari pihak terkait terhadap pelaksanaan rekomendasi BPCB Jambi, ternyata tidak ada. Sehingga kami merasa terpanggil dan peduli terhadap pelestarian cagar budaya memutuskan untuk mengembalikan warna Tugu Thomar Parr ke warna aslinya, dengan pengecetan ulang. Apalagi biayanya juga tidak terlalu besar dan kami swadaya,” katanya.

Selain itu dikatakannya, langkah pengembalian warga kubah Tugu Thomar Parr ini tidak ada kaitannya dengan perpolitikan di Kota Bengkulu.
Apalagi tugu ini monument bersejarah, dimana di bangun oleh Pemerintah Inggris tempo dulu atas meninggalnya Gubernur Thomar Parr yang dibunuh ketika itu oleh masyarakat Bengkulu.

“Ini bukti sejarah perjuangan rakyat Bengkulu bahwa ada perlawanan terhadap kekejaman penjajah tempo dulu, terlepas siapa yang membangunnya dan kita semua wajib menjaganya bersama-sama serta tidak boleh merubah warna cagar budaya selain warna aslinya,” tegasnya.

Disamping Ia mengajak, semua pihak yang peduli terhadap aset cagar budaya yang ada, untuk bersama-sama peduli dan menjaganya, serta hendaknya tidak lagi merubah warna aslinya.
“Kita harapkan kepedulian yang sama dari semua pihak termasuk organisasi lain agar bersama-sama memperhatikan kondisi aset sejarah yang ada. Sehingga bangunannya tetap terjaga dengan baik,” tutupnya.(red-2)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.