Hal Hal yang Membawa Kedamaian dan Ketenangan Batin

Pencarian terbesar dalam hidup manusia adalah pencarian kedamaian dan ketentraman batin. Banyak psikolog berpendapat bahwa dorongan manusia terbesar adalah pencarian perdamaian. Apapun yang dilakukan manusia, mereka melakukannya untuk mencari kedamaian dan ketenangan.

Ketentraman hati adalah sifat yang sangat sulit untuk dimiliki. Dunia di sekitar kita, dan hal-hal yang terjadi pada kita biasanya membuat kita menjadi individu yang sangat bermasalah.

Namun, seperti apa pun dalam Islam, jalan menuju ketenangan bukanlah kondisi keberadaan. Itu adalah jalan yang harus dilalui dan perbuatan yang perlu dilakukan agar kita mencapai stasiun di mana kita berdamai dengan diri kita sendiri.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperoleh kedamaian dan ketentraman batin tersebut:

Memahami Keagungan Allah

Pahami siapa Allah itu, dan betapa hebatnya Dia. Seseorang yang memahami kebesaran Allah akan menemukan kedamaian mengetahui bahwa segala sesuatu yang lain itu kecil dan tidak ada apa-apanya dibanding Dia.

Memahami Realitas Kehidupan ini

Ketika kita tahu bahwa hidup lebih dari sekadar “bling bling”, kita memahami bahwa setiap saat fokus kita harus berpikir ke depan. Memahami bahwa kehidupan selanjutnya adalah kekal, itu akan membantu kita dalam menjaga fokus kita dan tidak kehilangan akal kita untuk urusan dunia ini.

Mengingat Allah Setiap Saat Membantu Kita Tetap Fokus

Manusia cenderung lupa dari mengingat Allah yang terus-menerus mengingatkan kita akan Allah di segala waktu dan tempat. Salah satu saran dari Nabi Muhammad SAW adalah “Jagalah agar lidahmu tetap basah dengan mengingat Allah.” (HR At-Tirmidzi)

Allah berfirman: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” )QS Ar Ra’du: 28)

Bersyukur

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7)

Jika kita bersyukur, Allah akan memberi kita semakin banyak dari segala yang kita miliki dan bahkan lebih. Dia akan terus meningkatkan nikmat-Nya bagi kita, dan itu juga bisa berupa ketenangan batin kita.

Puaslah dengan Keputusan Allah

Salah satu jalan terbaik menuju ketenangan adalah puas dengan Allah. Dalam memahami bahwa apa pun yang terjadi pada kita, rencana Allah adalah yang terbaik. Ketika kita puas dengan ketetapan Allah, kita akan bekerja keras, kita akan melakukan yang terbaik dan puas dengan hasil apa pun yang kita terima.

Ketetapan Allah adalah misteri Ilahi, dan tidak selalu dapat dipahami oleh kita saat ini. Hanya ketika kita melihat ke belakang kita mengerti bagaimana rencana Allah itu sempurna. (***)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.