Kemenhan RI Ajak Semua Pihak Bengkulu Saling Koordinasi

Bengkulu, Intersisinews.com – Pihak Kementerian Pertahanan RI melalui Direktorat Komponen Pendukung Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan, pada Kamis (18/7/2019) melakukan rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMN terkait investarisasi sarana prasarana nasional untuk komponen pendukung pertahanan negara di Bengkulu.

Pada kesempatan itu, Kasubdit Sarana Prasarana Direktorat Komponen Pendukung Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Kasubdit Sarpras Ditkomduk Ditjen Pothan Kemhan) Teguh Wibowo mengatakan, Bengkulu sebagai Provinsi bersejarah yang menjadi titik awal pergerakan kemerdekaan RI, saat Soekarno diasingkan di Bengkulu mulai merancang langkah menuju kemerdekaan, begitupun Fatmawati yang merajut Bendera merah putih untuk dikibarkan saat deklarasi kemerdekaan.

“Diawal perjuangan pergerakan kemerdekaan RI, peran Bengkulu sangat nyata dalam merajut asa kemerdekaan. Semangat itu semakin menjadi ketika Bung Karno datang, dan putri Bengkulu Fatmawati menjadi istrinya yang ikut dalam menjahit Bendera sebagai alat pemersatu bangsa,” ujarnya

Teguh Wibowo juga menyatakan, sistem pertahanan semesta yang dipakai melibatkan seluruh pihak termasuk pemerintah daerah dan kabupaten/kota dengan meliputi 3 aspek diantaranya kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan masyarakat.

“Kedaulatan keutuhan yang dimaksud adalah biar kita berdaulat di wilayah sendiri karena jangan sampai ada wilayah Bengkulu yang tiba-tiba dikuasai oleh orang luar dan kita dibatasi untuk masuk ke wilayah itu padahal itu adalah wilayah kita sendiri,” ungkapnya

Selain itu menurutnya, pada zaman modern ini ancaman nyata tidak hanya dari perang senjata, namun kemajuan teknologi yang memudahkan dalam mengakses informasi, menyebabkan munculnya berita hoax yang tidak terbukti kebenarannya, sehingga meresahkan masyarakat.

“Ancaman mindset sesuatu yang tidak dapat diidentifikasi, Hal Ini berawal dari informasi hoax yang muncul di media sosial setiap hari. Yang menimbulkan keresahan di tengah masyarakat,” jelasnya

Senada itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Khairil Anwar menyampaikan, momen atau acara ini untuk membangkitkan rasa persaudaraan dan perdamaian perlu terus diperkuat dan diselenggarakan agar anak bangsa termotivasi. Seperti pada konser Kebangsaan yang terselenggara beberapa waktu lalu, banyak menyedot perhatian masyarakat dan diisi pesan-pesan kebangsaan pentingnya mengamalkan Pancasila dan UUD.

“Generasi penerus merupakan pelopor kemajuan bangsa, untuk itu kita bersama perlu menciptakan suasana yang dapat mempererat tali persaudaraan. Kemajuan bangsa ada ditangan kita, perkuat dan jalankan sesuai aturan agar Bangsa Ini Semakin Kuat,” tutup Khairil. (adv)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.