As-Shaba dan DPC Rabitoh Alawiyah Bengkulu Sukses Gelar Haul Ke-1 Habib Alwi Achmad.

Intersisinews.com – Yayasan As-Shaba bersama DPC Rabitoh Alawiyah Bengkulu sukses melaksanakan Haul ke-1 Habib Alwi Achmad yang digelar pada Sabtu,(24/12/2022), bertempat di sekretariat yayasan AS-SHABA, di Gedung Sako II Bintuhan Kabupaten Kaur.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Kaur, Asisten III Kabupaten Kaur, Perwakilan Kapolres Kaur, ketua PWKK Jabodetabek (bapak Taufik Arif), Syuriah NU cabang Kaur dan undangan dari Jakarta, Madura, Bengkulu dan daerah lain di Sumatra, serta masyarakat Bintuhan.

 

Ketua yayasan As-Shaba, Dr. Japarudin, S.Sos.I., M.Si mengatakan, kegiatan Haul Habib Alwi Ahmad ini merupakan Haul perdana dilakukan. Embrio keberadaan yayasan As-Shaba yang fokusnya bidang pendidikan dan sosial, keagamaan, tidak lepas dari eksistensi Habib Alwi Ahmad semasa hidupnya di Bintuhan-Kaur, yang kala itu sebagai orang yang aktif mengembangkan NU di Kaur dalam rentang tahun 1950-1965. Dan peran Habib Alwi Ahmad sebagai penggerak dalam usaha pemekaran Kaur sebagai Kabupaten berdiri sendiri pisah dengan Kabupaten Bengkulu Selatan di era tahun 1970-an.

Meskipun perjuangan Habib Alwi Ahmad dan kawan-kawan kala itu belum sukses. Berniaga dan berdakwah merupakan aktivitas yg dilakukan oleh Habib Alwi Ahmad.

 

Wakil bupati Kaur, bapak Herlian Muchrim, ST yang juga merupakan cucu dari Alwi Syukur (sahabat Habib Alwi Ahmad) dalam sambutannya menyatakan,sangat mendukung terhadap kegiatan ini,

“sebagai tradisi yg belum mentradisi di Kaur, kegiatan ini sangat kami dukung, karena ini merupakan kegiatan yang sesuai dengan visi misi kita, Kaur yang religius, selain itu kami dukung yayasan As-Shaba dan pihak-pihak terkait untuk menciptakan wisata religi di kabupaten Kaur,” ujar Wabup.

 

Di tempat terpisah Ketua panitia, bapak Sofyan, menyatakan bahwa rangkaian acara Haul sukses dilaksanakan, sesuai rencana tanpa ada hambatan, di antaranya selain pembacaan Simtud Durrar, pembacaan Manaqib Habib Alwi Ahmad, Habib Ahmad bin Ali, dan Habib Sholeh bin Ali, juga ada tausiyah dari keturunan Habib Ahmad, yakni Dr. Muhammad Zaki bin Mahdi dari Lampung.

“Alhamdulillah, dari undangan hadir melebihi yang kita harapkan, dan atas nama segenap panitia dan zuriat Habib Ahmad dan Habib Alwi Ahmad, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut mensukseskan acara,” demikian ujar Sofyan.

 

 

 

 

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.