Taiwan Tawarkan Manufaktur Cerdas untuk Pemulihan Berkelanjutan di Indonesia

Intersisnews.com – Industri manufaktur global menghadapi tantangan dan peluang baru di masa pascapandemi saat ini, antara lain yakni terkait dengan industri kendaraan listrik dan sektor energi hijau. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi para produsen untuk mengadopsi manufaktur yang cerdas agar dapat mengoptimalkan proses dan meningkatkan efisiensi, untuk beradaptasi dengan permintaan yang berubah-ubah.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia juga telah meluncurkan beberapa kebijakan untuk mendorong peningkatan sektor manufaktur Indonesia. Misalnya, untuk mendorong UKM Indonesia mengganti mesin industri lama dengan yang baru, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerapkan langkah-langkah insentif pada tahun 2021.
Selain itu, Kemenperin juga telah mendirikan Pusat Industri Digital 4.0. Sesuai dengan rencana ‘Making Indonesia 4.0’, pemerintah akan mendorong transformasi digital tujuh sektor industri, dan menerapkan teknologi industri 4.0 untuk meningkatkan efisiensi industri manufaktur dan daya saing industri lokal Indonesia.
Dalam event Taiwan Smart Manufacturing at Manufacturing Indonesia 2022, Deputy Representative of Taipei Economic and Trade Office in Indonesia (TETO), Jack Hsiao mengatakan bahwa sebagai 5 pengekspor peralatan mesin teratas dunia, Taiwan memiliki latar belakang yang kuat dalam peralatan IT dan telekomunikasi, serta rantai pasokan peralatan mesin yang lengkap. Perusahaan-perusahaan Taiwan pun memiliki keahlian dalam memberikan solusi manufaktur cerdas, yang bisa disesuaikan dengan permintaan klien dalam waktu singkat.

Pada tahun 2021, nilai ekspor produk mesin Taiwan adalah 27,53 miliar dolar AS, peningkatan tahunan sebesar 31,7%. Dari Januari hingga Oktober 2022, nilai ekspor naik menjadi 2,50 miliar dolar AS, meningkat 11,4% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021.

“Taiwan adalah rumah bagi sejumlah produk teknologi tinggi, termasuk model mesin industri yang canggih dan beberapa peralatan mesin. Selama bertahun-tahun, Taiwan tetap menjadi pemasok terbesar ketiga peralatan mesin pintar untuk pasar Indonesia,” kata Jack Hsiao.

Dia menambahkan, bahwa pada tahun 2021 Taiwan telah mengekspor produk mesin pintar senilai 379,965 juta dolar AS ke Indonesia meningkat sebesar 6,82% dibandingkan tahun 2020. Dari total mesin bubut yang diluncurkan pada tahun 2021, Indonesia menyerap sekitar 46,011 juta dolar AS untuk peralatan tersebut. Taiwan menyumbang 11,1% dari total, senilai 5,106 juta dolar AS.

“Mengenai pusat permesinan, Indonesia mengimpor total 43,257 juta dolar AS selama periode yang sama, dengan Taiwan memasok 10,02% dari seluruh permintaan Indonesia, atau sekitar 2,906 juta dolar AS, sehingga menjadi pemasok terbesar ketiga di Indonesia,” tutur Jack Hsiao.

Di Manufacturing Indonesia, TAITRA menggunakan teknologi 360 VR untuk menampilkan solusi manufaktur cerdas Taiwan dan rahasia dari 14 produsen Taiwan tingkat pertama. Selain itu, TAITRA juga bekerja sama dengan Jayametal, OTT, First Machinery & ASPIRA SEKAWAN PRIMA dan menyelenggarakan serangkaian seminar Taiwan Smart Manufacturing (30 November hingga 1 Desember), di mana perusahaan-perusahaan seperti HIWIN, FEELER, SEYI, TONGTAI & MIRLE berbicara tentang solusi manufaktur cerdas terbaru mereka dan berbagi kisah sukses.

Beberapa brand manufaktur asal Taiwan yang turut serta ambil bagian dalam event Manufacturing Indonesia 2022 tersebut, antara lain yakni ECOM yang menampilkan produk CNC Machining Center VL-V11 yang dilengkapi dengan roller guideway linier berkinerja tinggi untuk semua 3-sumbu. Produk tersebut memberikan umpan cepat & akurat, dan juga kelonggaran sumbu Z benda kerja yang berat. Ballscrews presisi tinggi kelas C3 3-sumbu pra-muat semuanya telah pra-ekstensi dengan baik, dan langsung digabungkan ke motor servo A/C.

Selanjutnya ada ELITE AIR COMPRESSOR yang meluncurkan produk air compressor terbaru milik mereka dengan penghematan listrik mencapai 20-40%! Dimulai dengan memperbaiki semua merek kompresor, membuat perusahaan ini tahu persis bagaimana menyatukan semua bagian yang baik dan membangun kompresor berkualitas tinggi dan ramah anggaran. Melalui produk terbaru mereka tersebut, ELITE AIR COMPRESSOR menawarkan semua keunggulan mereka, sambil memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dan dukungan yang ramah.

Ada juga HONOR yang merupakan ahli dalam pembuatan hydraulic gear pump hidrolik dan gear motor. Lini produk HONOR terdiri dari group 1 hingga group 4, perpindahan dari 1cc ke 125cc, SAE, mounting flanges Eropa dan Jerman, drive shaft atau poros penggerak kendaraan, spline dan tappered, serta semua jenis port juga tersedia tergantung pada kebutuhan pelanggan.

Kemudian MATRIX yang menawarkan gear grinding machine berkualitas tinggi, worm thread grinding machine, hob sharpening machine, dan berbagai macam gear alat pemotong yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, termasuk hobs, shaving cutters, carbide hobs, master gears, power skiving, dan lain-lain.

Lebih lanjut ada UNION Brush yang memperkenalkan rangkaian produk industrial brushes mereka, yang terdiri dari Power Brush, Twist Knot Brush, Abrasive Nylon, Tube Brush, Universal Hand Brush, Door Seal Brush, Strip Brush, hingga Roller Brush. Brand ini didirikan pada tahun 1985 sebagai produsen berpengalaman, yang mengkhususkan diri dalam berbagai macam sikat industri di Taiwan. Dengan merek sendiri, UNION Brush dikenal luas dan dipercaya dengan mendistribusikan ke seluruh dunia. UNION menyediakan berbagai macam sikat industri untuk berbagai aplikasi khusus.

Terakhir ada YSM, yang memperkenalkan salah satu produk Automatic Forming Machines mereka yang terbaik, yakni YSM-36T yang dapat memproduksi berbagai macam shapnel komputer dan komponen elektronik/lampu, dan suku cadang pengencang di bidang otomotif. Selain itu, kontrol listrik ditingkatkan ke layar sentuh PLC, sehingga informasi produksi ditampilkan di layar, membuat semua informasi menjadi sangat jelas bagi pengguna.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.