Tips Rumah Nyaman dan Penuh Berkah

Kita pasti mendambakan kehidupan yang penuh keberkahan. Berkah, dalam bahasa Arab disebut barakah, yakni kebaikan yang melimpah (al-khair al-wafir). Rumah yang diberkahi berarti rumah yang dilimpahi kebaikan dan selalu mendapat petunjuk Allah Subhanahu Wata’ala.

Di antara cara yang diajarkan Rasulullah yang dapat  dilakukan agar rumah dilimpahi keberkahan adalah sebagai berikut:

1 Membaca bismillah.

Dalam hadis dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda, “Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia menyebut nama Allah saat masuk rumah, begitu pula saat dia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.”

2. Dianjurkan mengucapkan salam, baik ada orang di dalamnya atau tidak.

Allah SWT berfirman, “Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat (Nya) bagimu, agar kamu memahaminya.” (QS: al-Nur 61)

Dalam hadis riwayat al-Tirmidzi ditegaskan bahwa Rasulullah mengatakan kepada sahabatnya, “Apabila kalian masuk rumah, ucapkanlah salam karena itu bisa memberkati dirimu dan keluargamu” (HR al-Tirmidzi)

3. Memperbanyak baca al-Qur’an.

Alangkah indahnya apabila di setiap rumah terdengar ayat-ayat Allah. Dengan membaca al-Qur`an, maka malaikat rahmat akan turun membawa kebaikan dan ketenangan dalam rumah kita. Rumah yang tidak dibacakan al-Qur`an ibaratnya kuburan. Padahal, di dalamnya masih ada penghuninya. Mulailah dari rumah kita. Lantunkan ayat-ayat al-Qur`an dengan membaca langsung atau memperdengarkan kaset/CD murattal setiap hari.

“Orang yang membaca al-Qur`an dengan terbata-bata dan ia merasa sulit maka baginya dua pahala.” (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya rumah itu akan terasa luas bagi penghuninya, akan di datangi malaikat, dijauhi setan, dan akan dibanjiri pula kebaikan di dalamnya. Sebaliknya, rumah itu akan terasa sempit bagi penghuninya, akan dijauhi malaikat, dan akan didatangi setan serta tidak akan banyak kebaikan di dalamnya, jika tidak dibacakan al-Qur`an. (HR Ad-Darimi) (***)

 

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.