Pengembangan Kapasitas Manajemen LKSA Guyub Rukun Kota Bengkulu

Bengkulu, Intersisinews.com Menindaklanjuti Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Bengkulu dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Guyub Rukun pada tahun 2020, maka Kegiatan pengabdian kepada masyarakat FISIP Universitas Bengkulu di tahun 2021 fokus pada pendampingan kapasitas manajemen LKSA dalam mempersiapkan proses akreditasi lembaga.

Akreditasi lebaga merupakan suatu mekanisme untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan lembaga LKSA bagi anak-anak warga binaan. Proses akreditasi tersebut meliputi penilaian terhadap 6 standar, terdiri dari: standar 1 (pelayanan terhadap warga binaan), standar 2 ( proses pelayanan praktek pekerja sosial), standar 3 (manajemen organisasi), standar 4 (sumber daya manusia), standar 5 (sarana dan prasarana, dan standar 6 ( hasil pelayanan lembaga)

Pada tahun 2019, diketahui bahwa LKSA Guyub Rukun Kota Bengkulu mendapatkan hasil penilaian( C ) pada proses akreditasi sebelumnya. Untuk meningkatkan nilai tersebut, maka di tahun 2021, proses akreditasi LKSA didampingi oleh Tim Pengabdian Universitas Bengkulu yang diketuai Ibu Yessilia Osira S.So., MP dan dibantu Ibu Nurlianti Muzni M.Ikom, Bait Bairam Wiliam S.Sos, Anggit Anjarwati S.Sos, dan Abelia Rizky Aliftah.

Proses akreditasi ini dilakukan secara online pada hari Selasa 19 Oktober 2021, dimana Ketua LKSA Guyub Rukun melakukan presentasi dan diskusi dengan Tim AKreditasi Kementerian Sosial Republik Indonesia. Dalam kegiatan online tersebut, dijelaskan 6 standar akreditasi, dimulai dari penjelasan sejarah pendirian LKSA Guyub Rukun, sarana prasarana yang tersedia dan kapasitas anak asuh yang sekarang mencapai 34 orang anak terdiri dari 15 orang anak laki-laki dan 19 orang anak perempuan. Dalam kegiatan tersebut juga dijelaskan bukti-bukti kelengkapan administrasi baik lembaga maupun pencatatan proses pengasuhan, yang secara fisik laporan tersebut dikirimkan melalui internet setelah proses online dilakukan sebagai bagian tak terpisahkan dalam proses akreditasi LKSA Guyub Rukun.

Pendampingan Tim Pengabdian Universitas Bengkulu dalam proses akreditasi LKSA Guyub Rukun ini diakhiri dengan kegiatan evaluasi bersama, yang dilakukan bersamaan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Rabu 20 Oktober 2021. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Siswanto menyatakan: “ Saya selaku Ketua LKSA Guyub Rukun, mengucapkan banyak terima kasih kepada Tim Pengabdian Universitas Bengkulu yang berkenan bersusah payah mendampingi proses akreditasi LKSA, semoga LKSA Guyub Rukun mendapatkan penilaian yang baik, dan tentu saja dapat meningkatkan pelayanannya bagi anak-anak binaan”

Dalam kesmpatan tersebut, Ibu Yessilia Osira juga menyampaikan bahwa LKSA Guyub Rukun ini merupakan rumah bersama bagi segenap pengurus lembaga dan tentu saja juga bagi anak-anak warga binaan. Oleh karena itu melalui proses akreditasi, semoga rumah bersama ini sama sama kita jaga, sama-sama kita tingkatkan pelayanannya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup bersama.(rls)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.