Pustakawan Harus Berinovasi Ditengah Pandemi

Bengkulu – Ditengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang saat ini masih melanda, pustakawan harus bisa berinovasi dan menciptakan strategi, sehingga nantinya keberadaan pustakawan yang salah satunya juga berperan sebagai media penyampai informasi di tengah-tengah masyarakat, tetap bisa berjalan secara optimal.

Asisten III Setdaprov Bengkulu, Gotri Suyanto mengatakan, pustawakan pada sebuah perpustakaan merupakan media penyampai informasi. Maka dari itu pustakawan dituntut untuk menciptakan inovasi dan strategi. Terutama di tengah pandemi Covid-19, sehingga nantinya keberadaan perpustakaan tetap bisa dirasakan masyarakat.

“Dalam menciptakan inovasi dan strategi, sebenarnya tidak lagi terlalu sulit. Mengingat saat ini sudah era digital, sehingga perkembangan teknologi dan informasi berlangung cepat. Untuk itu tinggal lagi bagaimana pustakawan yang berada di perpustakaan memaksimalkan pemanfaatan perkembangan teknologi era digital saat ini,” kata Gotri pada, Kamis, (26/3/2021).

Dikatakan Gotri, inovasi dan strategi ini cukup urgen, mengingat peran seorang pustakawan sangat penting dalam mengembangkan budaya literasi nasional. Apalagi seorang pustakawan itu bagian garda terdepan dalam gerakan budaya literasi nasional tersebut.

“Makanya peran dan keberadaan pustakawan harus diperkuat,” tegasnya.

Lebih jauh ia menambahkan, perkembangan zaman semuanya serba digital tentu sangat mempengaruhi performa pustakawan, sehingga perlu inovasi dan strategi agar menarik minat masyarakat untuk datang dan mencari informasi dari perpustakaan. Oleh karens itu diharapkan kedepannya perpustakaan tetap digandrungi masyarakat.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.