Gubernur Rohidin Serahkan Bantuan Alsintan dan Bibit ke Kelompok Tani

Intersisinews.com – Tingkatkan produktivitas komoditas perkebunan, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dan Bibit Tanaman Perkebunan. Di antaranya adalah bibit Pala dan bibit Kelapa Sawit kepada Kelompok Tani di Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan, juga perwakilan Kelompok Tani Kabupaten Kaur, dengan total 22.000 bibit dan 15 Hand Sprayer, Sabtu (6/8/2022).

“Untuk bibit tolong ditanam dan dipelihara dengan baik, juga peralatan pertanian juga demikian, pergunakan dengan baik dan dirawat, apa lagi hand sprayer elektrik, setelah dipakai dibersihkan maka akan awet, kalau diletakkan sembarangan tidak tahan lama pasti akan cepat rusak,” minta Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin pun meminta agar alat dan bibit yang diterima, dipakai dan dibagi secara adil kepada seluruh anggota kelompok. Karena bantuan ini diberikan kepada kelompok, maka bantuan tersebut bukan untuk ketua kelompok, bukan juga untuk sekretaris dan pengurus, tetapi seluruh anggota kelompok.

“Itu milik anggota bersama, agar bantuan itu betul – betul memberikan manfaat penguatan. Dengan bantuan seperti itu rasa kebersamaan dan semangat kelompok itu akan makin kuat,” harap Gubernur Rohidin.

Gubernur pun menambahkan bahwa Pemprov Bengkulu memiliki stok alat pertanian khususnya hand sprayer yang cukup, namun saat ini hanya 3 kelompok yang menyampaikan permintaan bantuan. Penyaluran bantuan alat pertanian disalurkan berdasarkan permintaan kebutuhan alat oleh kelompok tani melalui dinas masing – masing lalu selanjutnya direkap sesuai dengan usulan kelompok.

“Buat usulan, sampaikan dengan kita kalau memang nanti diperlukan dan memang kelompok taninya betul – betul ada. Itu bisa kita sampaikan bantuan tetapi tetap dibagi merata di setiap kabupaten/kota,” tutup Gubernur Rohidin.

Kegiatan ini sendiri juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifa’i Tajudin, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, juga para anggota Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pino.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.