Kemenag Bengkulu Gelar Rakhyatul 22 Mei di Mess Pemda

 

Bengkulu – Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil-Kemenag) Provinsi Bengkulu akan menggelar hisab Rakyatul Hilal untuk menentukan 1 Syawal, Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, pada Jumat (22/5/2020) mendatang.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu H. Drs. Bustasar menyatakan, dalam Rakyatul Hilal nanti akan kembali berlangsung terbatas, karena wabah pendemi Corona Virus Disease (Covid 19).

“Kita Jumat sore akan melaksanakan hisab Rukhyatul Hilal di atas gedung Mess Pemda Provinsi Bengkulu dan sesuai protokol kesehatan dalam upaya mencegah Covid 19, bakal dihadiri terbatas dengan sekitar 10 orang yang merupakan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam dan tokoh agama,” ujar Bustasar, ketika dihubungi pada Senin, (18/5/2020).

Dijelaskan, hasil dari hisab Rukhyatul Hilal Bengkulu akan disampaikan ke Kementrian Agama (Kemenag) RI, sebagai bahan pertimbangan untuk pelaksanaan sidang isbat penentuan 1 Syawal Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Setelah hasil Hisab Rukhyatul Hilal kita laporkan, tinggal lagi menunggu keputusan dari Menteri Agama (Menag) RI, dalam penentuan awal Syawal 1441 Hijriah,” terangnya.

Ditambahkan, setelah adanya keputusan awal Syawal, pihaknya kembali mengingatkan seluruh umat muslim yang ada di Bengkulu, untuk tetap mematuhi himbauan dari Pemerintah dan Kemenag. Khususnya dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri (Ied) 1441 Hijriah, untuk saat ini agar dirumah saja dulu.

“Sejauh ini himbauan kita tetap sama agar tidak dulu shalat Ied, baik di masjid maupun di lapangan. Mengingat wabah pendemi Covid 19 ini belum berakhir dan jika dilaksanakan, dikawatirkan nantinya akan terpapar,” tutupnya.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.