Kamis Lusa, Kanwil Kemenag Prov Bengkulu Pantau Hilal Penentuan 1 Ramadhan

Bengkulu : Dalam rangka menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah, Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu akan melaksanakan sidang Isbat pada Kamis, (23/4/2020) lusa.

Untuk pelaksanaan sidang isbat memantau hilal tersebut, Kemenag Provinsi akan membatasi peserta yang akan mengikutinya.

“Pembatasan jumlah peserta sidang isbat dan pemantauan hilal itu dilakukan dalam rangka mematuhi protokol penanganan virus korona jenis baru yang menyebabkan Covid-19. Jumlah pesertanya sekitar 5 sampai 6 orang saja,” ujar Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, H. Bustasar, pada Selasa, (21/4/2020).

Selain itu dijelaskan Bustasar, dalam pemantauan hilal, sama dengan tahun sebelumnya, menggunakan teropong. Sedangkan tempatnya juga tetap diatas gedung Mess Pemda Provinsi Bengkulu yang persis menghadap ke Samudera Hindia.

“Hasil dari pemantauan kita nanti akan disampaikan ke Kementrian Agama RI dan setelah itu tinggal menunggu arahan pemerintah, kapan dimulainya puasa Ramadhan,” katanya.

Lebih lanjut ditambahkan, untuk kepastian penentuan 1 Ramadhan 1441 Hijriah, masyarakat diminta tetap menunggu arahan dari Pemerintah.

Hanya saja pihaknya juga memberikan keleluasaan jika ada masyarakat yang nantinya melaksanakan ibadah puasa Ramadhan-nya lebih awal, atau terlambat dari penentuan pemerintah.

“Sesuai imbauan pemerintah pusat, sebaiknya kita memulai Ramadhan tahun ini secara serentak, karena jika kita bersatu tentu akan lebih bagus ibadahnya,” tukasnya.

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.